SOSOK KETUA MPW PP JABAR

Drs. H. Tb. Dasep IPS. SH. BE. MSc. MBA. 
Bagi masyarakat Jawa Barat, umumnya pasti mengenal sosok ini. Drs. H. Tb. Dasep IPS. SH. BE. MSc. MBA., Pria berkumis kelahiran Ciamis, 1 November, 58 Tahun lalu ini adalah Ketua Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Jawa Barat. Kecintaanya terhadap Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Pancasila ini sudah tak diragukan lagi. Karena menurut suami dari Hj. Waty S Permana, Pemuda Pancasila mempunyai andil besar dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideology Negara ini dan perekat ke Bhinekaan bangsa.

Namun sangat disayangkan memang, saat ini tak dipungkiri, Pemuda Pancasila dimata masyarakat sangatlah tidak seperti namanya yang menyandang nama sakral, Pemuda Pancasila sangat di indentikkan dengan "Pemuda Preman", "Antek-antek Orde Baru" sehingga pada sekarang ini Pemuda Pancasila sangatlah menjadi momok bagi masyarakat, ini diakibatkan oleh tingkah oknum selama ini.

Hal ini lah yang dijadikan dasar baginya untuk mempertahankan dan mengharumkan kembali Pemuda Pancasila sesuai dengan visi dan misi awal pendiriannya.

Apalagi, Pemerintah berkali-kali menyampaikan keseriusannya untuk menindak ormas yang menggunakan dan menyebarkan kekerasan. Tidak sedikit dari elemen masyarakat meminta agar pemerintah mengambil sikap, baik membekukan maupun membubarkan ormas yang menggunakan kekerasan. Polemik tidak terhindari seputar perlunya merevisi Undang-Undang Ormas termasuk dalam memperjelas larangan penggunaan kekerasan dalam kegiatannya.

Fakta bahwa sebagian ormas menjadikan kekerasan sebagai bagian aktivitasnya, membuka kesadaran kolektif perihal pentingnya mengubah fakta intoleransi menjadi fakta toleransi.
Transformasi dari intoleransi menjadi toleransi merupakan salah satu ukuran maksimal keadaban dan peradaban sebuah bangsa. Semakin toleran sebuah bangsa, tingkat keadaban publik dan peradabannya akan maksimal. Karena itu, toleransi merupakan nilai dan sikap yang harus ditumbuhkembangkan dalam dan bagi seluruh warga, khususnya ormas sebagai bagian dari masyarakat sipil yang sejatinya dapat memedomani keadaban publik, bukan kekerasan atas publik.

Lelaki yang senang bersosialisasi ini, bukan hanya aktif sebagai ketua MPW PP Jabar, namun, alumni UNLA ini pun aktif dalam dunia politik. Hal ini terbukti dari jabatan yang disandangnya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Patriot Jawa Barat. Pilihan itu didorong pemahamannya tentang suasana batin rakyat dan bangsanya.

Menurutnya, partai ini dipilih karena mencerminkan karakter yang sama dengan organisasi yang dipegangnya, yakni jiwa perjuangan, patriot.

Politik itu sebenarnya (ikuti selengkapnya dalam tabloid - PP edisi cetak)